Istilah Dalam Kurikulum Merdeka

Istilah Dalam Kurikulum Merdeka

 Istilah Dalam Kurikulum Merdeka


Apakah anda sudah memahami beberapa istilah dalam Kurikulum Merdeka Belajar atau masih bingung dengan istilah-istilah yang muncul dalam kurikulum tersebut? Jika ya, tak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas istilah-istilah dalam Kurikulum Merdeka.

Seperti yang diketahui, sejak tahun Februari 2022, Kemendikbud sudah meluncurkan kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum ini akan menggantikan Kurikulum 2013.

Pergantian kurikulum ini tentunya membuat guru, siswa, bahkan orang tua merasa bingung. Apalagi, dengan istilah-istilah baru yang muncul pada Kurikulum Merdeka Belajar. Lantas, apa saja istilah dalam Kurikulum Merdeka Belajar yang perlu dipahami? Berikut ulasan selengkapnya.

Ada berbagai macam istilah-istilah baru yang muncul dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jika tidak dipahami artinya, Anda mungkin akan kesulitan saat menjelaskannya pada siswa dan orang tua, bahkan saat menyusun administrasi mengajar.

Maka dari itu, sebaiknya pahami istilah-istilah dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Apa saja istilah baru yang akan sering digunakan dalam kurikulum ini dan apa artinya? 

Berikut istilah dalam Kurikulum Merdeka dan perbandingan dengan K13

  1. Prota
  2. Promes = Prosem
  3. Silabus = ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
  4. KI = CP (Capaian Pembelajaran)
  5. RPP = Modul Ajar
  6. KD = TP (Tujuan Pembelajaran)
  7. KKM = KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
  8. IPK = IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
  9. PH = Sumatif
  10. PTS = STS (Sumatif Tengah Semester)
  11. PAS = SAS (Sumatif Akhir Semester)
  12. Indikator Soal = Indikator Asesmen
  13. Penilaian teman sejawat = Formatif

Semoga Bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama