Apa Itu Aksi Nyata?

 

Apa Itu Aksi Nyata?

Apa Itu Aksi Nyata?

Aksi Nyata merupakan aktivitas terakhir untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri. Aksi Nyata juga merupakan bentuk praktik pemahaman Anda terhadap topik yang dipelajari dalam Pelatihan mandiri. Melalui Aksi Nyata, Anda bisa mencoba mengimplementasikan teori yang telah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri dan mendemonstrasikan pemahaman dan penguasaan materi.

Perlu diketahui!
Aksi Nyata wajib dituangkan dalam dokumen tertulis dalam bentuk PDF maksimal 10 MB, lalu diunggah ke platform Merdeka Mengajar.

Melalui Aksi Nyata, Anda bisa mencoba mengimplementasikan teori yang telah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri. Anda bisa mendemonstrasikan pemahaman dan penguasaan materi, dan dengan demikian, bisa menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri.

Pilihlah Aksi Nyata yang Anda yakini dapat menunjukkan pemahaman terhadap topik tersebut, lalu praktikkan dengan mengikuti instruksi yang ada. Perlu diingat, Anda dapat memodifikasi instruksi sesuai dengan kebutuhan. 

Syarat lulus Aksi Nyata:
  • Pastikan Aksi Nyata Anda tidak mengandung unsur plagiarisme atau kemiripan dari sisi laporan, deskripsi, dan refleksi dengan Aksi Nyata milik rekan guru lain. Kerja sama dengan rekan sejawat boleh dilakukan, namun ceritakanlah apa yang Anda lakukan dan tuliskan refleksi pembelajaran secara personal karena merupakan hal yang penting dalam pembelajaran.
  • Pastikan Aksi Nyata Anda sesuai dengan panduan yang tertera pada tiap topik Aksi Nyata yang Anda pilih. Panduan tersebut bisa Anda lihat saat akan memilih topik Aksi Nyata. Klik Baca Rincian, maka panduan akan muncul.
  • Pastikan aktivitas yang dilakukan sesuai dengan topik Aksi Nyata yang dipilih.
  • Pastikan Anda memuat dokumentasi dalam melakukan Aksi Nyata.
  • Menerima minimal satu umpan balik dari objek Aksi Nyata, sesuai dengan Aksi Nyata yang dilakukan dan mencantumkannya di dalam dokumen Aksi Nyata. Lihat contohnya di sini.
Bagi Anda yang telah menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri hingga Aksi nyata yang telah dinyatakan lulus validasi, berhak mendapatkan sertifikat yang memuat nilai sekitar 30 JP. Perlu diketahui, perhitungan angka kredit yang didapat dari sertifikat Pelatihan Mandiri tidak mengikuti aturan pelatihan luring, yaitu satu hari 8 JP. Pelatihan Mandiri adalah pelatihan daring yang dilakukan secara mandiri, dengan waktu dan tempat yang dapat disesuaikan oleh masing-masing guru. Sehingga, angka kredit yang diterima dari sertifikat Pelatihan Mandiri sedikit berbeda dari pelatihan luring yang selama ini dilakukan para guru.

Alur untuk mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri:
  1. Kerjakan satu topik Pelatihan Mandiri mulai dari mempelajari materi modul, mengerjakan post test dengan hasil penguasaan pemahaman sangat baik, hingga mengunggah Aksi Nyata. 
  2. Aksi Nyata akan divalidasi oleh tim platform Merdeka Mengajar. Silakan pantau hasil validasi secara mandiri melalui status sertifikat pada halaman Topik Pelatihan Mandiri. 
  3. Anda akan menerima hasil validasi Aksi Nyata:
  • Jika Aksi Nyata Anda dinyatakan lulus validasi, Anda bisa mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri. Sertifikat berupa e-certificate yang bisa diunduh langsung dari halaman Pelatihan Mandiri.
  • Jika Aksi Nyata Anda tidak lulus validasi, jangan khawatir karena Anda dapat merevisi Aksi Nyata Anda dan mengunggah kembali ke platform Merdeka Mengajar untuk divalidasi. 

Bagi Anda yang dinyatakan lulus validasi, Anda akan mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri, Pastikan Anda mengisi data diri dengan benar sebelum menyimpan data dan mengunduh sertifikat. Sebab, data sertifikat yang sudah disimpan dan diunduh TIDAK BISA DIUBAH.

Isi data diri sebagai berikut: 
  • Akun belajar.id
  • Nama lengkap
  • Nomor Induk Pegawai (NIP)
  • NUPTK
  • Tempat lahir 
  • Tanggal lahir
  • Jabatan
  • Unit kerja

Bagi Anda yang belum memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP) dan NUPTK, maka Anda boleh mengosongkan bagian tersebut. Namun pastikan untuk mengisi data diri lainnya.

Bagi Anda yang belum lulus validasi, Anda akan diminta untuk memperbaiki Aksi Nyata Anda dan mengunggah kembali ke platform Merdeka Mengajar untuk divalidasi ulang.

Boleh saja mengerjakan Aksi Nyata bersama rekan Anda, namun Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:
  • Aksi Nyata tetap dikerjakan secara mandiri dengan kalimat sendiri terutama di bagian refleksi karena merupakan pembelajaran yang sifatnya personal.
  • Pastikan laporan, deskripsi, dan refleksi Aksi Nyata milik Anda tidak memiliki kemiripan dengan rekan guru lain.

Contoh Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar:
  1. Merdeka Belajar - Lihat Disini
  2. Kurikulum Merdeka - Lihat Disini
  3. Profil Pelajar Pancasila - Lihat Disini
  4. Perencanaan Pembelajaran - Lihat Disini
  5. Asesmen - Lihat Disini
  6. Penyususunan Pembelejaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid - Lihat Disini
  7. Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila - Lihat Disini
  8. Disiplin Positif - Lihat Disini
  9. Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka - Lihat Disini
  10. Template Aksi Nyata - Download Disini

GRUP AKSI NYATA PMM
- Berbagi link Aksi Nyata
- Saling memberi umpan balik Aksi Nyata


Bagikan informasi ini kepada rekan-rekan, terima kasih.



Lebih baru Lebih lama