Modul Ajar B Indonesia Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka


Modul Ajar B Indonesia Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka


MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA - Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik.

Modul ajar disusun dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

KOMPONEN MODUL AJAR

Guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik.

Modul ajar dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunan.

Komponen modul ajar ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan.

A. IDENTITAS MODUL

● Informasi tentang modul ajar yang dikembangkan terdiri dari
● Nama penyusun, institusi dan tahun disusunnya.
● Modul Ajar
● Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA)
● Kelas
● Alokasi waktu 

B. KOMPETENSI AWAL

Kompetensi awal adalah pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang.

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA

Di dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, namun dapat memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar.

D. SARANA DAN PRASARANA

Merupakan fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana merujuk pada alat dan bahan yang digunakan, sementara prasarana di dalamnya termasuk materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

E. TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik yang menjadi target yaitu:

● Peserta didik reguler/tipikal
● Peserta didik dengan kesulitan belajar
● Peserta didik dengan pencapaian tinggi

F. MODEL PEMBELAJARAN

Merupakan model atau kerangka pembelajaran yang memberikan gambaran sistematis pelaksanaan pembelajran. Model pembelajran dapat berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring) dan blended.

Di setiap bab ditutup dengan Refleksi Akhir Bab, Pada saat ini, pelajar diharapkan dapat melihat kembali perjalanan proses belajar yang telah dialaminya dan mendapatkan pemahaman baru, baik mengenai topik yang dibahas, dan terutama pemahaman terhadap kekuatan dirinya sendiri. Pelajar perlu mengetahui keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapainya. serta hal-hal yang perlu ditingkatkan pada proses belajar selanjutnya. Pemahaman terhadap kekuatan dan hambatan yang dimilikinya akan membuat pelajar lebih mudah merencanakan pengembangan diri di masa yang akan datang.

Materi B Indonesia Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka edisi buku tahun 2022 terdiri dari 6 bab, yaitu:

BAB I Demi Keluarga 
BAB II Buku-Buku Berbicara 
Bab III Komunikasi Ujung Jari 
Bab IV Dari Hobi Menjadi Pundi-Pundi 
Bab V Menuju laut 
Bab VI Merencanakan Masa Depan

Contoh Modul Ajar B Indonesia Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka



Jika berminat versi lengkapnya bisa pesan DISINI

Lebih baru Lebih lama